Apakah Anda Penggila internet ??

Internet sebuah fenomena baru di abad ke XXI. Sejak kehadirannya telah membuat perubahan hampir di semua aspek kehidupan. Berbagai kemudahan seperti berinteraksi tanpa di batasi ruang dan waktu coba di tawarkan. Tak pelak anak usia sekolah sampai manula menggunakan produk manusia yang bernama internet ini.
Bagi sebagian orang internet merupakan salah salah satu media untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja, berbisnis maupun belajar. Namun sudah menjadi tabiat manusia bahwa keasyikan (berlebih-lebihan) dalam mengerjakan sesuatu (termasuk internet) bisa menjadi jebakan untuk melakukannya berulang-ulang hingga merubah pola hidup normal mereka atau bisa kita katakana sebagai sebuah “kecanduan”.
Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa orang yang sering menghabiskan waktunya di depan komputer, semakin besar kemungkinan mereka menderita sakit pada otot dan tulang dalam jangka waktu 24 jam. “Pemakaian komputer (internet) secara berlebihan merupakan faktor dominan yang menyebabkan gejala tersebut”, kata Dr. Jack Tigh Denmerlein dan rekan-rekan dari Harvard School of Public Health di Boston.
Tanda-tanda umum kecanduan internet, menurut Stephen Juan, Ph.D dari University of Sydney antara lain:
  1. Mengakses internet lebih lama dari yang direncanakan.
  2. Selalu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di internet.
  3. Jika tidak menggunakan internet, .uncul gejala-gejala penarikan diri sendiri seperti kecemasan, gelisah, hingga berkhayal atau bermimpi mengenai internet.
  4. Apabila sudah terhubung dengan internet, gejala-gejala penarikan diri tersebut akan hilang atau berkurang.
  5. Mengurangi kegiatan penting, baik pekerjaan, interaksi social, maupun kegiatan belajar.
  6. Menyembunyikan penggunaan internet dari keluarga atau teman.
Di sini saya ingin memberi tambahan yaitu
  • Susah berkosentrasi dalam berbagai hal, misalnya: belajar, sholat, dll.
  • Mengutamakan berinteraksi dengan internet daripada orang lain di kehidupan nyata.
  • Malu apabila ditanya mau kemana, waktu ingin berinternetan.
Segala sesuatu apabila di lakukan secara berlebihan memang tidak baik bagi kita semua. Lebih baik kita manfaat internet itu secara optimal bukan maksimal. Untuk Anda yang memiliki tanda-tanda di atas segeralah melakukan intropeksi diri. Karena hemat saya tidak ada kata terlambat bagi kita untuk melakukan yang terbaik di kehidupan yang singkat ini
0 komentar:

Posting Komentar


Recent Posts

Pengikut