Rubik's Adalah Permainan yang telah membuat Otakku terlilit..!!!!

Pernah liat Rubik’s Cube? Pernah penasaran buat menyelesaikannya, atau bertanya2 apa bisa rubik’s cube yang sudah berantakan gak jelas pattern nya lagi diselesaikan ? Well, just found out kalau ternyata bisa diselesaikan, dan bahkan ada kompetisi waktu tercepat untuk menyelesaikannya. Bahkan dari yang paling berantakan sekalipun,kalau sudah menguasai strategi dan taktiknya,bisa diselesaikan dalam hitungan detik !
Puzzle yang berantakan sekalipun ternyata punya langkah-langkah penyelesaian, hingga akhirnya tersusun sempurna sebagaimana mestinya,menampilkan ujudnya yang utuh. Sejauh yang saya ingat, strategi awalnya : mulai dari sudut. Jadi, ditengah ratusan kepingan yang terburai-burai itu, si empat sudut lebih baik ditemukan terlebih dulu. Kemudian mencari sisi-sisi terluarnya,baru bergerak kedalam untuk menyelesaikannya. Well, at least gitu deh yang saya tau. Mungkin ada cara lain yang lebih cepat.
Kalau sudah tau cara menyelesaikannya, biasanya yang jadi perhatian adalah tingkat kecepatan dalam penyelesaiannya. I’m just thinking, seperti itu kah hidup ini..
Kalau hidup itu adalah puzzle, setiap peristiwa dan masalah dalam kehidupan ini adalah bagian dari potongan-potongan puzzle yang harus diselesaikan. Hanya saja, gambar utuhnya itu seperti apa ya. Bagaimana caranya menyelesaikan puzzle, yang bahkan gambar utuhnya seperti apa pun kita tidak tahu. Bertanya-tanya, apakah potongan yang ada di tangan saya sekarang ini, jika disambung dengan potongan sebelumnya,akan membuat gambaran utuh itu menjadi jelas bentuknya, ataukah malah semakin kacau dan ga jelas. Jangankan memikirkan kecepatan dalam menyelesaikan, menggabungkan dua potongan yang tepat pun rasanya sulit sekali.

Jika pada satu ruang dan waktu kita bertemu dengan seseorang, bagaimana kita bisa tau bahwa dia adalah bagian dari potongan puzzle kehidupan kita ? Karena tanpa potongan yang tepat, gambaran utuh itu tidak akan terlihat. Dan kalaupun dia adalah potongan yang tepat, dimana harus meletakkannya sehingga dia menempati posisinya yang benar? Kalaupun puzzle itu tersusun,akankah kita tersenyum puas dan bahagia begitu mengetahui seperti apa gambaran utuhnya ?
Hidup manusia mungkin jauh lebih kompleks daripada sekedar jigsaw permainan. Menyusun jigsaw membuat kita merasa excited,  senang sekali rasanya jika berhasil menyelesaikan teka-teki potongan gambar itu. Tapi potongan-potongan kehidupan yang manusia jalani, kadang diisi dengan ketakutan. Takut akan gambaran yang akan terlihat makin jelas dalam setiap langkah yang diambilnya. Yang unik dari jigsaw kehidupan adalah, kita bisa memilih mau seperti apa gambarannya. Dan mungkin itu yang membuatnya menjadi lebih berat. Mungkin bagi orang-orang yang sudah terbiasa memvisualisasikan tujuan hidupnya, menyelesaikan jigsaw ini akan lebih mudah. Dia hanya tinggal memikirkan, potongan mana yang cocok agar gambaran itu semakin terlihat wujudnya. Tapi bagi yang masih tidak tahu apa yang dia harapkan, setiap kali satu potongan tersusun, setiap kali pula hatinya masih bertanya-tanya apakah ia akan senang dengan gambaran yang akan dihadapinya nanti. Orang gila jika bermain Rubik's bakalan makin gila, tapi jika dy berhasil memainkan kegilaanya bakalan hilang.

Yang lebih menarik lagi adalah jika kita berusaha menyelesaikan rubik’s cube. Bagaimana caranya agar pada saat kita menyelesaikan satu masalah, tanpa menimbulkan masalah yang baru ? Tanpa merusak susunan keteraturan yang sudah terbentuk ? Ada yang bisa menyelesaikannya dalam hitungan detik. Hah! Seperti itu jugakah kemampuannya menyelaraskan dirinya dalam kehidupannya ? Apa hidup juga seperti rubik’s cube.. terlihat rumit tetapi ternyata masih ada cara untuk menyelesaikannya.  Hanya saja, hati manusia begitu sulit ditebak. Masalah apa pun yang kita selesaikan, rasanya sulit untuk bisa menyenangkan semua orang. Akhirnya, untuk menyelesaikan satu rubik’s cube mungkin butuh seumur hidup.
 Rubik's adalah Permainan yang telah berhasil menghebohkan dunia. tetapi manusia tidak akan terkalahkan oleh permainan kecil ini...
0 komentar:

Posting Komentar


Recent Posts

Pengikut